Intel Solid State Drive Seri 335 Muncul Di Jepang

on Kamis, 24 Januari 2013

Siapa yang tak kenal dengan Solid State Drive (SSD) Intel seri 330? Seri ini merupakan seri entry level untuk SSD produksi Intel yang dijual dengan harga yang cukup ekonomis. Tetapi sepertinya Seri 330 sudah  menemui akhir umurnya karena penerusnya telah muncul dipasaran, SSD seri 335.
SSD atau Solid State Drive mulai naik daun karena kenaikan harga hard drive yang disebabkan oleh bencana alam yang terjadi di Thailand. Sebelumnya SSD dianggap terlalu mahal walau menawarkan performa storage yang jauh diatas hard disk biasa. Ketika harga hard drive mulai bersinggungan dengan SSD, pasar mulai menyadari potensi SSD sebenarnya. Mulailah bermunculan SSD dengan harga yang cukup ekonomis untuk kelas entry level, salah satunya adalah SSD Intel seri 3. Intel SSD Seri 330 menjadi salah satu yang paling populer dipasaran karena meskipun tergolong SSD entry level tetapi NAND yang digunakan bertipe synchronous, tidak seperti SSD entry level lainnya yang menggunakan NAND asynchronous. Ini membuat seri 330 menjadi seri yang cukup populer dipasaran, jadi wajar jika Intel mengeluarkan penerus dari seri ini dalam bentuk Intel SSD 335.
Penampakan SSD Intel baru ini berasal dari Jepang. Dengan code name SSDSC2CT2CT240A4K5, SSD ini hadir dengan kapasitas sebesar 240 GB. Seperti halnya seri 330 sebelumnya, garansi yang diberikan Intel untuk produk baru ini juga 3 tahun. Kontroller yang digunakan pun masih sama yaitu SandForce SF-2281, tetapi untuk NAND yang digunakan berbeda yaitu 20 nm MLC (multi-level cell).
Design yang digunakan masih mengusng konsep sederhana tanpa ornamentasi apa pun.
Form factor yang digunakan untuk SSD adalah 2.5 inci dengan ketebalan 9.5 mm. Koneksi yang diusung oleh Intel SSD 335 adalah SATA 6.0 Gbps, sama seperti seri terdahulu.
Harga dari Intel SSD 335 ini sebesar ¥ 16.980 atau kurang lebih USD $ 214. Cukup menarik untuk sebuah SSD dengan kapasitas 240 GB, mudah-mudahan jika produk ini telah tersedia Indonesia harga yang ditawarkan cukup bersahabat bagi kantong pengguna awam di dalam negeri. Selain kapasitas ini, seri 335 juga tersedia dalam kapasitas 80 GB dan 180 GB yang akan hadir pada awal 2013.
Sumber : Techpowerup

0 komentar:

Posting Komentar