Review Seagate Backup Plus Portable 1TB: Transfer dan Backup Data Kencang dengan USB 3.0

on Kamis, 24 Januari 2013

Bermacam-macam hard disk eksternal yang ada di Indonesia memang memiliki feature-feature yang unik. Ada yang memiliki feature anti air, anti benturan, dan lain sebagainya. Kali ini, Seagate menawarkan sesuatu yang cukup berbeda dari hard disk external yang ada dipasaran.
Seagate mengirimkan sebuah sampel pengujian kepada kami, yaitu Seagate Backup Plus Portable dengan kapasitas sebesar 1 TB. Sesuai dengan namanya, hard disk eksternal ini memang memiliki tujuan agar para pengguna dapat membuat backup data pada hard disk mereka. Semua itu bisa dilakukan dengan menggunakan jalur cepat USB 3.0. Walaupun begitu, kompatibilitasnya mampu membuat hard disk ini berjalan pada slot USB 2.0.
Slot USB 3.0 tersebut pun terletak pada bagian bawah dari hard disk eksternal ini. USB 3.0 ini sendiri memiliki bandwidth sampai dengan 5 Gbps. Tentu saja, sebuah hard disk yang beredar sampai saat ini belum dapat melampaui kecepatan bandwidth tersebut. Selain dengan menggunakan slot USB 3.0, ada lagi yang unik dari hard disk eksternal ini.
Jika Anda lihat garis yang ada di sekitar hard disk eksternal ini, sebenarnya kedua belah sisi dihubungkan dengan sebuah konektor. Seperti Seagate Go Flex, hard disk eksternal ini menggunakan converter mobile SATA to USB 3.0. Tentunya, saat Anda sedang tidak memakai hard disk eksternal ini dan memiliki hard disk internal berukuran 2,5″ lainnya, Anda dapat menggunakan konektor dari Seagate ini.
Lalu bagaimana dengan kinerjanya? Sebelum kita masuk lebih dalam, ada baiknya kita melihat platform pengujian serta paket penjualan dari hard disk eksternal Seagate Backup Plus Portable.

Platform Pengujian Hard Disk Eksternal Seagate Backup Plus Portable 1TB


  • Motherboard: Intel H67 LGA 1155
  • Prosesor: Intel Core i3 2100 3,1 GHz
  • RAM: Kingston DDR3 8 GB




  • Graphics Card: AMD Radeon HD 5550
  • Power Supply: Corsair CX 500


  • Input Device: Genius Keyboard and Mouse
  • Monitor: 18,5 inch LCD
  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 7 64 bit

Kemasan Paket Penjualan

Beginilah kemasan dari hard disk eksternal Seagate Backup Plus Portable yang berkapasitas 1 TB
Pada paket penjualan tersebut, Anda akan mendapatkan perlengkapan seperti berikut ini:
Kabel USB 3.0
Dokumentasi

Pengujian

HDTune

Perbedaan yang dihasilkan oleh hard disk eksternal ini dibandingkan dengan sebuah hard disk eksternal USB 2.0 memang sangat jauh.

Crystal Disk Mark

Jika kinerja sequentialnya berbeda sangat jauh, ternyata kinerja random 512k nya pun juga memiliki rentang kinerja yang cukup signifikan.

Tes Transfer

Hard disk eksternal ini mampu menyelesaikan segala transfer data yang kami lakukan dengan waktu di bawah tiga menit!

Kesimpulan

Hard disk eksternal yang ada dipasaran saat ini memang sangat banyak. Selain itu, yang menggunakan interface USB 3.0 pun juga tidak sedikit. Akan tetapi, yang menawarkan solusi hard disk eksternal dengan converter USB 3.0 to mobile SATA hanyalah Seagate. Begitu pula dengan produk Seagate yang satu ini, Seagate Backup Plus Portable.
Kinerja yang ditawarkan Seagate melalui hard disk eksternal yang satu ini memang sangat baik. Tidak banyak hard disk eksternal dengan interface USB 3.0 yang mampu menembus kecepatan transfer data 100 MB/s. Seagate Backup Plus Portable saat ini telah mampu menembus batas kecepatan tersebut.
Hard disk eksternal ini memang cocok untuk semua orang, dari pengguna rumahan, kantoran, maupun para profesional. Dengan kinerja yang baik serta feature konektor yang ada, membuat hard disk eksternal yang satu ini menarik untuk dimiliki. Sayangnya, karena tidak memiliki feature tahan benturan, Anda yang seringkali menjatuhkan hard disk eksternal sebaiknya memilih hard disk dengan feature tersebut, bukan hard disk yang satu ini.

Kelebihan:

+ Kencang
+ Converter mobile SATA to USB 3.0

Kekurangan:

- Kinerja random 4 KB kurang baik

Data Teknis

ProdusenSeagate
Infohttp://www.seagate.com
Harga-
Distributor-
Telepon-
Kecepatan Putaran5400 RPM
Kapasitas1 TB
InterfaceSATA 6 Gbps

0 komentar:

Posting Komentar